Friday, March 11, 2011

Bill Gates, Terus Belajar dan Meningkatkan Kinerja

William Henry Gates III, atau lebih terkenal dengan sebitan Bill Gates, lahir di Seatle, Wasington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr,. bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi hiking, bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukanya bila ia sedang “berpikir”.
Bill kecil mampu dengan mudah melewati mass sekolah dasar dengan nilai sangat memuaskan, terutama dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan matematika. Mengetahui hal ini, Orang tua Bill kemudian menyekolahkannya di sebuah sekolah swasta yang terkenal dengan pembinaan akademi yang baik, bernama Lakeside. Pada saat itu, Lakeside baru saja membeli sebuah computer, dan dalam waktu seminggu, Bill Gates, Paul Allen, dan beberapa siswa lainnya (sebagian besar nantinya menjadi programmer pertama Microsoft) sudah menghabiskan semua jam pelajran computer untuk satu tahun.
Kemampuan computer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Dimulai dengan meng-hack computer sekolah, mengubah jadwal, dan penempatan siswa. Tahun 1986, Bill Gates, Paul Allen, dan dua hacker lainnya disewa oleh Computer Center Corp untuk menjadi tester system keamanan perusahaan tersebut. Sebagai balasan, mereka diberi kebebasan untuk menggunakan computer perusahaan. Menurut Bill, saat itulah mereka benar-benar dapat memasuki computer. Dan disinilah mereka mengembangkan kemampuan menuju pembentukan Microsoft, tujuh tahun kemudian.
Selanjutnya kemampuan Bill Gates semakin terasah. Pembuatan program system pembayaran untuk Information Science Inc merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Allen dia mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. Mereka membuat sebuah computer kecil yang mampu mengukur aliran lalu lintas. Bekerja sebagai debugger diperusahaan kontraktor pertahanan, dan sebagai penanggung jawab komputerisasi jadwal sekolah, melengkapi pengalaman Bill Gates.
Musim gugur 1973, Bill gates berangkat menuju Havard University dan terdaftar sebagai mahasiswa fakultas hukum. Bill mampu mengikuti kuliah dengan baik, namun sama seperti di sekolah menengah atas, perhatiannya segera beralih kek computer. Selama di Havard, hubunganya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Havard. Bahkan salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programmer yang luar biasa jenius.
Desember 1974, saat hendak mengunjungi Bill Gates, Paul Allen membaca artikel majalah Popular Electronics dengan judul “World’s First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models”. Artikel ini memuat tentang computer micro pertama Altair 9090. Allen kemudian berdiskusi dengan Bill Gates. Mereka menyadari bahwa era “computer rumah” akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk computer-komputer tersebut sangat dibutuhkan. Mereak sadar, ini merupakan kesempatan besar bagi mereka.
Kemudian dalam beberapa hari, Gates menghubungi perusahaan pembuat Altair, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry System). Dia mengatakan bahwa dia dan Allen tekah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Sebenarnya ini bohong. Bahkan mereka sekali belum menulis satu baris kode pun! MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Berkat kerja keras, dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap. Allen menuju MITS untuk mempresentasikan BASIC. Walaupun ini adalah kali pertama bagi Allen dalam mempresentasikan Altair, ternyata BASIC dapat bekerja dengan sempurna.
Bosan dengan pendidikan di Harvard, Bill Gates melamar pekerjaan -pekerjaan yang berhubungan dengan computer di daerah Boston. Ia terus belajar dan terus mengasah kepintaran di bidang software. Bill Gates mendorong Paul Allen untuk mencoba melamar sebagai pembaut program di Honey-Well agar keduanya dapat melanjutkan impian mereka untuk mendirikan seuah perusahaan perangkat lunak.
Pada suatu hari di bukan Desember yang beku, paul Allen melihat sampul depan majalah Popular Mechanics, terbitan 1975, yang memajang gambar computer micro rakitan baru yang revolusioner MITS Altair 8080 (computer kecil ini menjadi cikal bakal PC di kemudian hari). Kemudian Allen menemui Gates dan membujuknya bahwa mereka harus mengembangkan sebuah bahasa untuk mesin kecil sederhana itu. Allen terus mengatakan, “Yuk kita dirikan sebuah perusahaan. Yuk kita lakukan”.
Kedua sahabat itu bergegas ke sebuah computer Harvard untuk menulis sebuah adapts dari program bahasa BASIC. Gates dan Allen percaya bahwa computer kecil itu dapat melakukan keajaiban. Dari san pula mereka mempunyai mimpi tersedianya sebuah computer di setiap meja tulis dan di setiap ruamh tangga.
Semangat Allen dan Gates tidak percuma. KOmputer kecil itu mengawali kode dari segala macam komputasi. Dan sekaran bias Anda lihat bahwa Personal Computer telah benar-benar menjadi alat jaman informasi.
Walaupun Bill Gates berhenti Hardvard University, ia terus belajar dan meningkatkan kinerjanya. Semangat untuk terus belajar dan menigkatkan kerja melalui berbagai inovasinya yang tak kunjung henti inilah yang menempatkan Bill Gates di posisi kepemimpinan dalam bisnis software, sekaligus menjadikannya orang terkaya pada tahun 2009.
Mungkin Anda sudah berhenti sekolah tapi Anda harus terus belajar untuk menghasilkan kinerja optimum kepemimpinan Anda. Jika Anda ingin terus memimpin, Anda harus terus belajar. Kennedy bilang, “Leadership and learning are indispensable of each other”. Memang, kepemimpinan tak bias dipisahkan dari pembelajaran.


Sumber 

By Neo with No comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    • Popular
    • Categories
    • Archives